My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Review Scarlett Brightly Essence Toner

by - Januari 04, 2022

 

Essence Toner


Formula pada skincare tentu menjadi perhatian agar tujuan menginginkan kulit bersih, segar dan berseri tercapai. Keluhan wanita tak jauh dari kulit kering dan kusam, sehingga diperlukan produk skincare yang mengatasi keluhan tersebut untuk melembabkan dan menghidrasi kulit. 


Menggunakan toner merupakan bagian dari solusi yang mampu melembabkan serta menghidrasi kulit dari dalam. Saya lagi happy banget menggunakan Brightly Essence Toner dari Scarlett. Nah saking excitednya di postingan kali ini, saya mau sekalian bahas produk ini aja ya, sebenarnya sudah dari kemarin-kemarin pengen bahas essence toner ini, cuma baru kesampaian sekarang. 


Sesuai namanya, essence toner ini bukan hanya sekedar toner biasa namun memiliki banyak manfaat-manfaat yang lain yang diperlukan oleh kulit wajah kita nih bebs.  


Jika kalian tanya cocok di jenis kulit apa saja sih? 


Nah, produk ini cocok ke semua jenis kulit. Baik kulit yang kering, kombinasi maupun oily. Kebetulan kulit wajah saya combination skin, kering namun berminyak di area T. Selain memberikan efek mencerahkan pada wajah, efek yang saya rasakan, sangat melembabkan. Nah bukan berarti jika kalian memiliki kulit oily tidak memerlukan kelembaban ya bebs, justru jika kulit berminyak kemudian dehidrasi, akan memicu untuk memproduksi kelenjar minyak berlebih sehingga kulit kalian akan menjadi lebih oily lagi. Menurut anjuran beberapa dokter, kulit berminyak pun tetap memerlukan skincare yang berfungsi melembabkan wajah, supaya minyak di wajah kalian lebih terkontrol serta mencegah penuaan dini.


Baca juga : Rangkaian Shower Scrub Scarlett Whitening Terbaru


Scarlett Whitening
Dilengkapi dengan boba/buds berwarna pink 


Essence toner ini unik banget menurut saya, karena dilengkapi dengan boba atau buds di dalamnya berwarna pink. Buds ini mengandung niacinamide, teksturnya gampang hancur dan menyatu saat di apply ke kulit wajah yang mampu mencerahkan, menyamarkan noda hitam dan menyamarkan pori-pori besar pada wajah kalian. 


Essence Toner Scarlett sebenarnya ada dua jenis yaitu: Brightly (pink) dan Acne (ungu). Nah, karena kulit wajah saya termasuk jarang jerawatan jadi pilihan essence toner yang saya gunakan lebih prefer ke Brightly Essence Toner dari Scarlett.


Harga 100 ml Rp. 75.000


Kandungan Scarlett Brightly Essence Toner


Manfaat utama yang bisa kalian rasakan yaitu mencerahkan kulit, karena Brightly Essence Toner ini dilengkapi dengan kandungan:

  • Natural Vitamin C (Meningkatkan produksi kolagen di kulit dan mengurangi efek buruk dari sinar matahari)
  • Glutathione (Mengurangi kekusaman pada wajah)
  • Witch Hazel Extract (meredakan peradangan di kulit dan menghilangkan flek hitam pada wajah)
  • Jeju Propolis Extract (menghaluskan kulit)
  • Allantoin (anti iritasi dan menenangkan)
  • Niacinamide (melembabkan)
  • Grape Water (menghidrasi kulit)


Manfaat Scarlett Brightly Essence Toner 

  • Mencerahkan kulit
  • Menghidrasi dan melembabkan kulit
  • Menenangkan kulit dan meredakan peradangan
  • Menyamarkan pori-pori
  • Meregenerasi sel-sel kulit
  • Membuat kulit lebih halus dan kenyal

Kandungan Brightly essence toner
Teksturnya cair dan ringan


Tekstur


Bicara mengenai tekstur Brightly Essence Toner Scarlett ini sebenarnya langsung dapat terlihat dari luar botolnya, cair dan tidak memberikan kesan lengket pada kulit. After feeling terasa sensasi dingin menyegarkan, seperti ada kandungan mint saat di apply. Awal menggunakan saya agak worry takut gak cocok. Biasanya jika skincare gak cocok di wajah saya, langsung terlihat kemerahan, gatal dan setelahnya kulit menjadi kering. Terlebih sensasi menthol dan mint ini, biasanya membuat kulit cepat kering, namun essence toner ini ternyata sebaliknya bebs, justru memberikan efek wajah lebih lembab dan glowing namun tidak mengkilap dan wajah saya terlihat lebih segar. 


Disarankan jika skincare kalian mengandung vitamin C seperti kandungan dalam essence toner ini, maka lebih baik jangan langsung di layer dengan kandungan skincare yang mengandung asam juga seperti Retinol dan AHA/BHA sehingga lebih aman dan cocok di kulit kalian. Sebab penggunaan skincare memerlukan tahapan dan kesesuaian dengan campuran kandungannya agar lebih meminimalisir terjadinya iritasi dan ketidakcocokan jika digabung jadi satu. Karena beberapa keluhan terjadi, kadangkala bukan karena tidak cocok skincare yang kalian gunakan, namun bisa terjadi jika kalian salah penggunaan dengan menggabungkan skincare dengan merk berbeda sehingga menjadi tidak cocok di kulit kalian. 


Beberapa Kandungan Skincare yang Disarankan untuk Tidak Digabungkan atau Digunakan Secara Bersamaan


Vitamin C dan AHa/BHA


Pada vitamin C ini memiliki kadar kandungan pH yang rendah. Sehingga pada saat vitamin C dicampur dengan AHA/BHA, maka kadar pH pada vitamin C akan mengalami perubahan. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang sama yaitu mencerahkan kulit wajah namun jika kadarnya berubah karena terindikasi adanya pencampuran kandungan tersebut sehingga bisa menjadi boomerang bagi kulit wajah kalian sehingga justru bisa berdampak merusak kulit. Solusinya adalah gunakan pada jangka waktu berbeda, misalkan jika kalian gunakan skincare mengandung vitamin C pada pagi hari, maka kandungan skincare AHA/BHA bisa kalian gunakan malam hari


Retinol dan AHA


Retinol atau biasa dikenal dengan vitamin A dan AHA (Asam Hidroksi) kedua senyawa kimia aktif ini memiliki manfaat mencegah penuaan dini. Namun jika digabungkan maka akan beresiko membuat kulit iritasi, kemerahan dan mengelupas lapisan kulit luar sehingga manfaat yang seharusnya didapat menjadi hilang bahkan memperburuk kulit kalian. Sehingga disarankan untuk menggunakan kedua kandungan zat ini pada waktu yang berbeda. Diperlukan teliti dan jeli juga untuk melihat ingredient suatu produk agar tidak salah dalam penggunaan skincare kalian ya!


Retinol dan Asam Salisilat


Kedua zat senyawa aktif ini juga disarankan untuk digunakan pada waktu yang berbeda agar terhindar dari efek bahayanya yaitu mengeringkan kulit dan bahkan dapat meningkatkan produksi minyak berlebih pada wajah. Maka gunakan pada waktu yang berbeda dengan diseling pagi atau malam hari. 


Nah kalau kalian sedang jerawatan lebih baik gunakan yang serangkain face care scarlett yang Acne dulu, baru setelah jerawat hilang bisa gunakan rangkaian Brightening, termasuk Brightly essence toner ini. 

Cara menggunakan toner
Bisa di tap tap langsung menggunakan tangan atau dengan kapas


2 Cara Menggunakan Toner

  • Tuangkan essence toner ke telapak tangan yang sudah bersih kemudian tepuk-tepuk perlahan ke wajah supaya meresap secara maksimal
  • Atau bisa juga dengan menggunakan kapas dengan menuangkan essence toner secukupnya ke kapas kemudian usapkan perlahan ke wajah

Mencerahkan wajah
Wajah jadi lebih cerah


Aroma


Jujur aku lebih suka pemilihan skincare tanpa parfum, menghindari efek iritasi setelah pemakaian, takut gak cocok jika skincare yang digunakan mengandung parfum berlebih yang menusuk hidung. Nah Essence Toner ini wanginya herbal dari kandungan essence tonernya sendiri. Menurut saya wanginya mirip air mawar, wanginya enak, wangi kalem tipis-tipis mungkin karena kandungannya ada perpaduan grape water dan crocus sativus flower extract atau lebih dikenal dengan kuma-kuma atau saffron yang memiliki aroma manis perpaduan aroma madu dan jerami. Karena ada beberapa produk skincare yang tanpa parfum namun aromanya gak enak sehingga agak risih juga saat digunakan.  


Di Korea Selatan, essence toner sudah menjadi ritual wajib mereka saat skincare-an. Makanya tak heran kulit wajah wanita korea bersih, cerah dan mulus. Sebab Essence toner dipercaya mampu membantu penyerapan serum dan produk skincare yang akan kalian gunakan. Jadi setelah mencuci muka, rasanya wajib gunakan Essence Serum lebih dahulu sebelum kalian lanjut ke tahap skincare lainnya supaya hasil skincare yang kalian gunakan menjadi lebih maksimal. 


Alhamdulillah happy banget menggunakan Brightly Essence Toner dari Scarlett ini karena manfaat yang disebutkan di atas terasa banget di kulit wajah dan mampu mengunci kelembaban. Btw karena Produk Scarlett lagi happening banget dan banyak dijual dimana-mana, saya sarankan supaya lebih aman kalian order langsung di official store-nya di shopee @scarlett_whitening atau cek di Instagram @scarlett_whitening. Supaya terhindar dari produk Scarlett abal-abal. Selamat mencoba! 


You May Also Like

20 komentar

  1. Wah, kok pas banget nih, aku lagi pengin cari produk skincare, cus ah mau lihat produk Scarlett, makasih infonya mba.

    BalasHapus
  2. Aku udah pake serum yang whitening brightly dan suka banget sama hasilnya, kayaknya kalo ditambahi perawatan dengan toner brightly essense makin keren ya hasilnya, glowing kayak mba dessy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rangkaian perawatan wajah aku di rumah Scarlett semua mbak, selain harganya terjangkau, cocok juga di muka.

      Hapus
  3. Aku suka nih pake toner doang kalo lagi malas bersihin muka paket lengkap.. berasa langsung segar

    BalasHapus
  4. Belum pernah pakai Essence toner. Kemarin kepikiran juga buat nyobain karena sejauh ini pakai skincare Scarlett tuh oke di wajah. Terus harganya juga masih oke di kantong kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Mbak. Harganya affordable tapi cocok di wajah ya.

      Hapus
  5. Aku juga pakai Essence Toner ini sekarang, enak banget.. sekarang wajahku terasa lebih lembut dan lembabnya awet...

    BalasHapus
  6. untuk kuit yang cerah, sehat dan brightly glowing, ini salah satu kuncinya yaa mba. Semangat terus jaga kesehatan kulit

    BalasHapus
  7. Essence toner Scarlett enak banget, saya juga pakai Mbak. Teksturnya kental, waktu diaplikasikan ada sensasi adem kayak ada mintnya, hehe

    BalasHapus
  8. keren scarlett selalu berinovasi ya.
    aku belum nyobain nih yg essence toner ini. jadi kepo..
    ada 2 manfaat sekaligus berarti ya, manfaat essence dan toner dalam satu botolnya..

    BalasHapus
  9. Aku paling suka deh kalau ada produk buat wajah yang cocok untuk semua jenis kulit. Jadi bisa join sama suami yg punya jenis kulit beda. Hehe, makasih review-nya ya mbak, lengkap dengan tip dan sarannya pula.

    BalasHapus
  10. Wii tonernya Scarlett bisa dipakai untuk semua jenis kulit. Kaya facial wash-nya berarti ya. Kalau aku lebih suka pakai toner dengan dituangkan ke kapas, Mbak.

    BalasHapus
  11. Aku juga sudah pakai nih brightly essence tonernya... Scarlett aku ada banyak pakai produk skincare nya eh bodycare juga...hehe

    BalasHapus
  12. wah,Essence tonernya aja bagus ya apalagi rangkaian semua produk brigthly scarlett. Aku suka nih scarlett, selain perawatan wajah dia juga fokus perawaran tubuh.

    BalasHapus
  13. Toner Scarlett ini aku belum pernah coba mbak tapi memang rangkaian Scarlett ini cocok banget untuk kulit aku seperti acne serum dan juga creaamnya.

    BalasHapus
  14. Wah ak jadi pengen cobain deh pake scarlett toner ini kayanya ringan dan bagus nih buat melengkapi skincare routineku

    BalasHapus
  15. Oh ternyata ini alasan Scarlett Brightly Essence Toner tidak menggunakan wangi tambahan yaa.. agar menghindari efek iritasi setelah pemakaian. Aku lagi menggunakan Scarlett Brightly Essence Toner juga nih.. Yang terasa memang kulit menjadi lebih cerah.

    BalasHapus
  16. Baru ngeh saya ternyata ada bobanya di dalam toner Scarlett ya, ternyata manfaatnya luar biasa ya untuk mencerahkan kulit.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus