My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Dibalik Suksesnya Graha Mobilindo Dongkrak Penjualan Mobil Lewat Strategi Online

by - Mei 05, 2023

 




"Namanya juga usaha jual beli, trafik penjualan kadang naik, kadang bisa saja turun. Showroom ini sudah jadi hidup mati saya. Membentang perjalanan panjang dan berliku. Sesuatu yang mampu mengubah perjalanan dan kiprah hidup. Terlebih ketika bertemu teman-teman satu frekuensi yang akhirnya mencetuskan untuk buka showroom sendiri sebagai ladang ikhtiar dari segala usaha kami. Jujur saja, kami semua sempat putus asa, saat kemarin terpuruk karena pandemi, namun bukan pengusaha namanya kalau tidak dapat menemukan opportunity dibalik krisis," ujar Rahmat Taufik - Kepala Showroom Graha Mobilindo, Pekayon Bekasi dengan senyum lebar tergambar di wajahnya, Senin (17/4/2023).

Selang berapa lama, ia melipir ke depan. Menyuruh beberapa karyawan yang lain untuk membenahi kabel yang melintang di antara spanduk utama besar, persis di depan ruko yang terletak di Jalan Raya Pekayon, Jaka Setia - Bekasi Selatan agar tidak menghalangi. 


Kabel IndiHome showroom sempat terputus dan konfirm pengaduan ke 147 ditanggapi dengan cepat 


"Kabel ini baru saja dibenahi, tadinya lebih semrawut. Kemarin saat hendak mengganti spanduk besar dari BCA Multi Finance, baru sadar bahwa kabel IndiHome terputus. Pantas saja modem IndiHome los berwarna merah. Awalnya kabel agak mendoyong ke arah jalan gang di samping. Sempat dirapikan ke dalam. Eh, malah kesangkut mobil material yang membawa bahan-bahan bangunan sehingga kabel IndiHome ikut terputus. Saya langsung hubungi CS IndiHome. Alhamdulillah pelayanan pengaduan cepat dan tidak butuh waktu lama, saat teknisi datang, lekas segera dibenahi. Aktivitas di sini, internet paling utama. Pemasaran mobil semua menggunakan iklan di e-commerce, baik berbayar dan gratisan di banyak platform. Jadi sudah dipastikan, layanan internet sangat membantu kami dalam urusan mendongkrak penjualan mobil dan membantu mengontrol segi keamanan showroom karena adanya 8 cctv yang bisa kita pantau secara real-time. Cctv semua dilengkapi dengan motion detection, control devices, voice assistant, live stream dan cloud recording. Kita juga sedang mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi yang kelak digunakan untuk memantau omzet, keuntungan, laporan keuangan, dan operasional," jelas Rahmat Taufik menambahkan, Senin (17/4/2023).






Kiprah Showroom Graha Mobilindo 


Tidak bisa membayangkan juga, berawal dari hanya jual mobil satuan, akhirnya merambah menjadi puluhan mobil dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Usaha ini berdiri berawal dari 3 orang yang putus asa karena diterpa badai pandemi, akhirnya memutuskan untuk join buat usaha yang sesuai passion, yaitu jual beli mobil. 


Haris Muchlinta - Owner Graha Mobilindo ikut menyambut obrolan saya dari belakang, saat berbincang-bincang mengenai progress usaha showroom mobil. "Modal awal hanya 400 jutaan, saat itu hanya berani beli mobil harga 100 juta-an ke bawah. Namun dengan bermacam masukan dan ide dari beberapa kepala, akhirnya terbersit untuk gaet beberapa investor dengan sistem bagi hasil 60:40. Alhamdulillah disambut baik, karena kebetulan saya tinggal di komplek kantor yang hampir semua kena pensiun dini. Akhirnya putar otak bagaimana caranya agar kehidupan tetap jalan, namun uang pensiun bisa diputar. Sekaligus bantu-bantu kawan yang bingung untuk memulai usaha di bidang apa, karena sama sekali tidak ada gambaran untuk memulai bisnis," Senin (17/4/2023)


Tiga Jargon di sini ada Haris Muchlinta selaku Owner, Rahmat Taufik sebagai kepala showroom yang sudah berkecimpung di dunia bisnis mobil puluhan tahun, berikutnya ada Bang Pendi, salah satu pengelola showroom yang sudah memiliki banyak relasi dan paling workaholic. Ia dulu pernah berkecimpung di bidang yang sama. Dari tiga kepala inilah, semua ide tertampung, untuk tumbuh dan besar bersama dalam mengelola Showroom. 


Mungkin kalian juga pernah dengar, tentang isi makalah McClelland di tahun 1973 berjudul Testing for Competence Rather than Intelligence, bahwa "Seperangkat kecakapan khusus, empati; disiplin; dan inisiatif; akan membedakan antara mereka yang sukses sebagai bintang kinerja dengan yang sebatas di lapangan pekerjaan."  Mungkin inilah yang saya tangkap dari ketiga pria di depan saya. 




Kecepatan Informasi, Ilmu Pengetahuan dan Jaringan Kerja di Era Modern Merupakan Sinergi Tepat Melahirkan Pemikiran Cerdas


Melihat persaingan yang semakin sengit, ditambah banyak perusahaan bermodal besar ikut terjun ke dunia jual beli mobil bekas, makin mengiris persaingan bisnis dalam bidang otomotif. Terlebih sekarang ini, mematok harga murah dan DP ceper saja tidak bisa jadi jaminan bisnismu bakal laris diserbu pembeli. 


Perlu menyusun rencana dalam berbisnis, mengenal bidang bisnis, dan membangun pondasi bisnis dengan baik. Berupaya untuk terus berbenah dan mencari cara yang efektif untuk menjalankan bisnis dengan sukses. Pikiran yang positif akan memberikan keyakinan untuk mendorong bahwa kesuksesan bukanlah sesuatu yang tak mungkin.


Strategic Collaboration


Banyak cerminan di sekitar kita yang terlalu mengandalkan kemampuan diri untuk mencapai keberhasilan, namun akan lebih efektif jika hasil yang diperoleh melalui kolaborasi. 


"Ada banyak showroom kecil di luar sana yang kekurangan tempat untuk memajang mobil mereka, kami juga welcome jika ada yang ingin pajang mobil di showroom Graha Mobilindo dengan sistem bagi hasil 50:50 atau model sistem komisi tergantung kesepakatan. Begitu juga dengan pedagang satuan yang ingin menggunakan bendera showroom kami untuk pembeli kredit dan track cepat untuk lempar jual ke pedagang satuan agar perputaran jual mobil lebih cepat, biasanya kita ambil untung-untung minim kalau sistem track cepat begini, karena jual apa adanya tanpa perbaikan. Dengan kolaborasi, setidaknya ada simbiosis mutualisme, sama-sama diuntungkan," Haris Muchlinta menerangkan, Senin (17/4/2023).


Kemajuan bisnis adalah adanya interaksi sosial dan bersinergi dengan banyak orang. Menurut Howard Gardner, pakar terkemuka dari Harvard berpendapat, "Tidak ada keraguan bahwa pikiran dari sekelompok orang akan jauh lebih cerdas." (1)




Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis:

  • Pilih target yang tepat. Pastikan orang-orang sesuai dengan target pasar dari barang yang kita jual
  • Bangun kepercayaan pelanggan karena kepercayaan akan membuahkan kredibilitas, keterbukaan, kompromi, efektivitas dan komitmen 
  • Atasi apa yang tidak disukai pelanggan 
  • Tampilkan testimoni dan gambar klien yang puas untuk memberikan trust calon pembeli lainnya
  • Kaji pola penjualan dan terus berinovasi. Mengkaji sistem marketing dan terus berinovasi dalam hal melihat pola penjualan saat ini sangat diperlukan untuk mendongkrak penjualan 



Ide Konten Menarik dan Kekuatan Internet, Dongkrak Penjualan Mobil Bagi Pejuang Cuan


Strategi pemasaran yang unik dengan kata-kata nyentrik terkadang dibutuhkan untuk menghipnotis calon pembeli. Diperlukan ide konten menarik karena sekarang semua serba digital dan orang memilih melihat produk tertentu melalui internet dan sosial media. 


"Kami terus berupaya dan seringkali melakukan meeting bulanan untuk mengkaji strategi marketing dan mengubah pola jitu untuk pembenahan di showroom. Karena tombak utama dari jual beli mobil adalah mendapatkan mobil dengan harga semurah-murahnya untuk dibeli. Kemudian berupaya untuk menjual dengan waktu secepat-cepatnya dengan harga yang sesuai. Jika mendapatkan mobil murah dan persediaan mobil di showroom banyak, namun jika tak satupun ada mobil yang terjual, bisnis mobil tetap stuck dan tidak akan jalan. Keduanya harus balance antara mobil masuk dan keluar. Saya percaya bahwa bisnis mobil akan terus berjalan dan ramai peminat, karena mobil merupakan salah satu sarana transportasi utama di darat. Selain memberikan opsi untuk memiliki kendaraan roda empat berharga miring, banyak mobil bekas yang memiliki performa tak kalah dari mobil baru. Di showroom kami mengutamakan kejujuran dan kepuasan pelanggan, jika ada beberapa hal yang perlu kami perbaiki, maka akan kami perbaiki lebih dahulu dengan memperhitungkan modal yang keluar per tiap unit. Supaya sama-sama enak dan konsumen juga puas jika melihat performa mobil yang keluar dari showroom ketika dibawa lari--masih gahar. Dilihat sekilas, bisnis ini memang memerlukan modal besar dan koneksi yang kuat, namun nyatanya banyak orang yang bisa sukses, berawal dari menjual mobil satuan, buktinya kini bisa memiliki stok hingga puluhan unit saat ini, semula berawal dari pedagang satuan," ungkap Rahmat Taufik, Senin (17/4/2023). Dilihat dari pengalamannya berkecimpung selama puluhan tahun di bisnis ini, saya hanya mengiyakan.


Closing Showroom sekaligus meeting bulanan. Azis, Pendi, Okky, Rahmat Taufik dan Haris Muchlinta (dari kiri ke kanan)


Okki, salah satu team Marketing Graha Mobilindo terus berupaya untuk gencar melakukan strategi marketing melalui online di berbagai platform media. Baik iklan berbayar maupun di sosial media utama showroom sebagai teknik jitu marketing dan mendapatkan trust calon pembeli dengan meng-upload tiap mobil yang laku terjual, hingga iklan harga pajangan mobil beserta spesifikasi detailnya melalui sosial media seperti Instagram, Tiktok, Facebook dan  YouTube. 


Ketika kalian sedang scrolling Instagram, tiktok live atau sosial media apapun, lalu melihat dan mendengar ada kata-kata tertentu, pasti tertarik untuk menyimak lebih jauh. Seperti adanya embel-embel kata "diskon", "promo", "harga Tahun Baru" dll. Terlihat sepele namun kata-kata ini ampuh untuk jadi pertimbangan salah satu strategi marketing baik diaplikasikan melalui penawaran gambar, brosur, reels, iklan dan story di sosial media. 


Team marketing kini juga memiliki kerja ganda sebagai content creator di sosial media dengan menguasai editing video dan aplikasi design grafis sebagai penunjang segi pemasaran. Ia pun mengungkapkan bahwa, untuk editing video, biasa menggunakan kinemaster pro, capcut dan VN, sedangkan untuk video story berdurasi pendek, membuat brosur supaya cepat, biasa menggunakan aplikasi Mojo dan Canva.  Itu sebabnya di showroom perlu wifi dengan kecepatan yang memadai. 



Internet Dukung Aktivitas Usaha


"Untuk mendukung perihal pemasaran dan usaha lancar di jaman sekarang, teknologi dan internet sangat diperlukan untuk mendukung aktivitas usaha. Baik itu promosi dan beragam komunikasi agar lancar, serta hiburan bagi karyawan untuk karaoke, YouTube dan Netflix. Showroom ibarat rumah kedua, banyak waktu yang kami habiskan di sini. Untuk menunjang semua itu, maka jaringan internet IndiHome bisa jadi pilihan hemat. Cctv juga perlu internet selama 24 jam agar kita bisa pantau keadaan showroom selama ditinggal. Pemasangan jaringan IndiHome sangat mudah, kami menggunakan layanan Mobile IndiHome, yakni layanan mobil keliling yang biasanya ada di beberapa titik lokasi tertentu. MOBI biasanya akan muncul di keramaian, kebetulan saat hendak pasang, MOBI berada di titik lokasi dekat showroom lama di daerah Jati Mekar, sebelum pindah ke ruko di daerah Pekayon. Pemasangan IndiHome yang sekarang adalah pemindahan dari ruko showroom lama, tinggal hubungi layanan costumer untuk pindah lokasi. Cepat juga kok layanan pemindahan jaringan. Awal pasang mendaftar melalui MOBI setidaknya lebih praktis bagi saya, yang tidak memiliki waktu luang banyak untuk mengunjungi kantor IndiHome maupun Plasa Telkom atau tidak update menggunakan aplikasi My IndiHome." ujar Haris Muchlinta, Senin (17/4/2023).


Diperlukan wifi yang stabil dan minim gangguan untuk bisa kontrol showroom melalui cctv secara real-time 


Saya jadi teringat petikan dari Vice President Telkom E Kurniawan mengatakan bahwa, "IndiHome selalu berkomitmen memberikan layanan dan hiburan digital berkualitas demi memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan sehingga masyarakat dapat beraktivitas tanpa batas bersama IndiHome dengan terus meningkatkan pelayanan."


Layanan internet untuk usaha sangat diperlukan, terlebih bagi pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Menurut survey data pengguna internet di tahun 2022. Penduduk dengan pendapatan di atas Rp5 juta hingga Rp15 juta memiliki tingkat penetrasi internet yang tertinggi, yaitu sebesar 96,83%. (2)




Nah, untuk menunjang pekerjaan dan membuat konten yang menarik pembeli, maka jaringan internet harus stabil. Bisa dikatakan alasan terbaik untuk pilih IndiHome, salah satu layanan internet milik Telkom Indonesia merupakan ISP atau Internet Service Provider yang banyak digunakan oleh pelanggan, baik untuk di rumah ataupun di kantor, karena harganya yang terjangkau sehingga lebih hemat. Kecepatan internet yang selama ini dirasa cukup puas bagi banyak pelanggan dan cenderung stabil. Terlebih soal pengaduan, selain menghubungi 147, keluhan pelanggan bisa disampaikan dengan mengontak langsung sosial media mereka ke Twitter dan facebook IndiHome @indihome atau @indihomecare.


"Rincian biaya operasional showroom itu 20 juta perbulan, sedangkan untuk sewa showroom per tahun 100 juta. Jadi harus putar otak bagaimana mengelola pengeluaran tiap bulan agar meminimalisir biaya. Kalau untuk akses internet ambil yang hemat,  sebulan sekitar 350 ribu, Biaya internet masuk ke dalam biaya operasional bulanan showroom.  Menurut pengalaman saya sebagai pelanggan setia Telkom Indonesia, ketika pasang wifi di rumah sudah mencoba banyak provider lain, akhirnya balik lagi ke IndiHome sebagai internet provider terbaik di Indonesia untuk mendukung aktivitas digital harian dengan layanan internet super cepat dan stabil yang didukung oleh teknologi fiber optic. Selain pertimbangan kecepatan yang stabil dan minim kendala. Bicara mengenai kecepatan, media transmisi fiber optic bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan media lainnya. Saat cuaca buruk atau hujan juga masih bisa diakses karena memanfaatkan gelombang cahaya sehingga akan berjalan tanpa kendala lantaran tidak memanfaatkan aliran listrik. Jaringan fiber optik lebih tahan dengan kondisi cuaca maupun serangan petir dan gangguan elektromagnetik sehingga komputer juga lebih aman, apalagi banyak data-data penting di dalam komputer kantor. Jika jaringan internet lambat dan tak stabil, pasti produktivitas kita akan terganggu," jelas Haris Muchlinta, Senin (17/4/2023).


"Lengkap juga di showroom ya mas, segala ada tripod dan ring light untuk kebutuhan buat konten." Ledek saya, kemudian dilanjut berkeliling melihat beberapa tipe mobil yang ditawarkan dengan beragam pilihan DP dan angsuran. Angsuran dan DP rupanya tergantung pilihan menggunakan leasing mana. Saya paham setelah dijelaskan dari tulisan papan whiteboard yang tertera. Leasing merupakan pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah kesepakatan. 


Leasing yang bekerja dengan Showroom Graha Mobilindo antara lain: BMF (BCA Multi Finance), MUF (Mandiri Utama Finance, Mega Finance, Clipan dll. Modal selain dari kocek pribadi banyak juga dari investor dan bantuan pinjaman dari SHF melalui BCA Multi Finance, tidak semua showroom yang bisa dipercaya untuk mendapatkan dana SHF, hanya beberapa Showroom yang dipercaya mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah, salah satunya Graha Mobilindo.


Konten menarik dan iklan online, dongkrak penjualan mobil


Pasar Mobil Bekas Mengambil Giliran Digital Tajam, Ledakan Internet Mengubah Pola Penjualan dan Transparansi Harga


Dunia otomotif perlahan-lahan mengambil perannya. Semua bidang usaha harus mengikuti perkembangan. Semakin hari ada banyak langkah berbeda di dunia ritel dengan persepsi yang berubah dari milenial berkaitan dengan lanskap otomotif.


"Dilihat dari teropong saya sebagai pebisnis. Kini pembeli dan penjual lebih diperlengkapi dengan pengetahuan industri dengan booming internet dibandingkan dengan pembeli yang datang langsung. Hal ini sudah terbukti. Bagi saya, pemilihan lokasi showroom yang strategis juga perlu, namun jujur saja, sekitar 80% konsumen yang akhirnya deal harga justru karena kekuatan iklan di internet bukan dari konsumen yang datang langsung. Jadi kita juga harus berbenah dan gencar untuk iklan online. Seluruh ekosistem penjualan otomotif saya lihat juga sama, melakukan introspeksi mendalam terhadap proses perdagangan saat ini," ujar Haris Muchlinta kembali memaparkan,  Senin (17/4/2023).


Ledakan internet dan e-commerce telah mengubah cara orang membeli produk. Sebagian besar telah mengubah seluruh proses ritel. Konsumen lebih asik untuk menghabiskan lebih banyak waktu melihat produk secara online.    Dengan memanfaatkan IndiHome sebagai jaringan internet rasanya perlu bagi dunia usaha. Ranking speed nasional IndiHome yang terus meningkat, seiring program New High Speed Same Price (New HSSP), yaitu dengan menaikkan kecepatan pelanggan eksisting berdasarkan price yang dibayarkan pelanggan menjadi di atas 40 Mbps sampai ke 300 Mbps. Kini pelanggan dimanjakan juga dengan lima layanan Add On, yaitu Ultra Wifi, Streamax, Upload Booster, IH Eazy, dan Speed on Demand. (3)


Seperti halnya pemaparan E. Kurniawan, VP Marketing Management Telkom Indonesia, "pemakaian internet dengan menggunakan jaringan fiber optic mampu mencapai 60 petabyte atau 60 juta gigabyte setiap harinya, dengan device connected 183 Juta. IndiHome Optimis Telco Industri akan tetap naik dan menjadi bagian untuk meningkatkan pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Terbukti, perluasan area Fixed Broadband tetap akan dilakukan pada tahun 2023 di seluruh wilayah di Indonesia, khususnya untuk area Kawasan Indonesia Timur, Kalimantan, Sumatera, dan Jawa Barat. (4)


Media sosial kini sudah mempengaruhi perdagangan mobil online. Sehingga akan ada potensi besar untuk pertumbuhan di masa yang akan datang. Ada yang berminat untuk bisnis jual beli mobil bekas juga, sebagai lahan bisnis di masa tua? Apalagi didukung IndiHome, internet provider terbaik, sehingga jual beli mobil jadi makin efektif dengan adanya ledakan internet dan pola penjualan baru. Sudah ada buktinya, loh! 


Referensi 

(1) Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, Jakarta: Arga Publishing 2010

(2) https://indihome.co.id/blog/berapa-pengguna-internet-indonesia-tahun-2022-ini-data-terbarunya

(3) https://infobrand.id/tahun-2023-indihome-siapkan-lima-layanan-add-on-yang-kompetitif.phtml

(4) https://infobrand.id/tahun-2023-indihome-siapkan-lima-layanan-add-on-yang-kompetitif.phtml

Dokumentasi dan infografis (milik pribadi)



You May Also Like

15 komentar

  1. Mobil yang sedang diincar anakku nih
    Gak heran hasil kerjasama dengan IndiHome berbuah bagus
    Karena internet cepat dari IndiHome memudahkan calon konsumen dan konsumen untuk berinteraksi

    BalasHapus
  2. Produk2 internet IndiHome memang selalu berinovasi dan membuat semua orang lebih gampang berkonten ria dari internet. Menerbangkan asa dan berinovasi untuk negeri.

    BalasHapus
  3. Wow.. Keren nih dan semangat dlm membangun usaha hingga sukses.. Yg tentunya ditunjang dgn promosi melalui internet pake IndiHome jadi jangkauan pemasaran lebih luas..

    BalasHapus
  4. Memiliki internet yang cepat seperti IndiHome sangat membantu sekali termasuk dalam bisnis penjualan mobil. Saya juga pakai IndiHome

    BalasHapus
  5. Saat pandemi lalu begitu banyak unit usaha yang berjuang jatuh bangun untuk bertahan, syukurnya showroom Graha Mobilindo dpt survive. Apalagi kini pun semakin didukung dengan digitalisasi penggunaan internet dlm perkembangan bisnis

    BalasHapus
  6. Dengan menggunakan internet, maka semakin besar peluang untuk mencari infromasi mengenai otomotif. Sehingga terasa kebantu banget apalagi yag butuh mobil mulus, tanpa cela dan di range harga yang affordable.

    BalasHapus
  7. Nah iyaa, saya sering melihat marketing mobil membuat konten tentang mobil yang dipasarkan. Keren sih.

    BalasHapus
  8. Bisnis apapun yang dijalankan termasuk ini bisnis mobil maka perlu untuk memasarkan dengan apik ya, apalagi udah punya internet yang mendukung bakal lebih banyak lagi sih ya strategi penjualan yang bisa diterapkan

    BalasHapus
  9. Usaha tidak akan menghianati hasil ya Des. Kegigihan tim Graha Mobilindo dari berbagai cara dan penjuru berbuah manis. Keputusan berkolaborasi, menurut saya, juga jempolan. Bisnis sekarang tidak bisa jalan sendiri. Harus mau bekerjasama dengan pihak lain. Saling mendukung dan saling mengisi.

    Menggunakan internet super cepat dan layak seperti IndiHome juga adalah keputusan yang tepat. Karena di dunia digital sekarang-sekarang ini, fasilitas internet sudah menjadi kebutuhan primer. Terutama untuk perluasan, promosi dan branding bisnis.

    BalasHapus
  10. Mereka yang bisa bertransformasi akan meraih kemenangan ya, Kak. Untuk transformasi dari konvensional ke digital dibutuhkan Jaringan internet yang pastinya bisa mendukung kegiatan online dgn akses yang cepat dan stabil seperti dimiliki IndiHome

    BalasHapus
  11. Selama keliling Jabodetabek bertahun-tahun, banyak seliweran depan Graha Mobilindo. Hahaha. Sungguh track record yang bakal jadi sejarah bagi perusahaan dan seluruh tim yang menyukseskannya. Selamat. Eh, ternyata tim marketingnya ternyata pakai IndiHome.

    BalasHapus
  12. keren nih kolaborasinya

    bisnis kendaraan saat ini memang sangat menjanjikan yaa karena hampir setiap rumah ingin punya kendaraan, bahkan yang di rumahnya sudah ada kendaraan pun masih pengen nambah

    BalasHapus
  13. Usaha apapun penting banget untuk memiliki akses internet yang cepat dan stabil, apalagi kalo digunakan untuk memantau cctv bisa kacau kalau internetnya mati

    BalasHapus
  14. Hampir semua kunci sukses dalam berbisnis sekarang bergantung dengan kekuatan jaringan internet ya kak. Terutama dalam promosi bisnis di dunia digital.

    BalasHapus
  15. indihome selalu bisa menjawab semua kebutuhan ya, terbaik! :D

    BalasHapus